Rabu, 20 November 2013

Fungsi dan Manfaat penting Vitamin B6 Piridoksin

Fungsi dan Manfaat penting Vitamin B6 Piridoksin


Vitamin B6 termasuk kedalam vitamin B kompleks dan vitamin jenis ini mudah larut dalam air. Vitamin B6 mempunyai bentuk aktif Piridoksal Fosfat atau yang disingkat dengan PLP dan ini merupakan kofaktor dalam reaksi metabolism dari asam amino. Selain itu, PLP juga digunakan dalam proses transaminase, deaminasi, dekarboksilasi, dan pengatur proses pelepasan glukosa dan glikogen. Vitamin B6 mempunyai nama lain Piridoksina / Piridoksal fosfat / Piridoksamina.


Fungsi Vitamin B6:
Vitamin B6 ini sering disebut dengan pyridoxine dan menjadikan vitamin B6 menjadi paling terkenal diantara vitamin B lainnya. Ini dikarenakan vitamin B6 dan dibantu oleh niasin, asam folat, dan kobalamin mempunyai peranan penting dalam menggerakkan fungsi vital pada tubuh manusia. Meskipun demikian, kita hanya perlu mengkonsumsi vitamin ini sebanyak 0,2 mg per hari untuk mendapatkan fungsi vitamin b6 yang maksimal. Tubuh akan memproduksi 60 jenis enzim penting yang ada di dalam tubuh jika konsumsi vitamin ini sudah memenuhi standar. Namun apabila vitamin ini dikonsumsi berlebihan, maka vitamin ini akan menjadi racun bagi tubuh manusia itu sendiri.
Dalam mengubah asam amino menjadi protein, peranan vitamin B6 sangatlah besar.vitamin B6 juga berfungsi untuk membantu tubuh dalam membentuk energy dengan cara membakar gula di dalam tubuh. Vitamin ini juga sangat berperan dalam pembentukkan hemoglobin yang ada di tubuh manusia. Hemoglobin sangatlah penting bagi tubuh manusia karena hemoglobin berperan dalam mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh.


Sumber Makanan Vitamin B6:
Vitamin B6 dapat ditemukan pada makanan-makanan yang ada disekitar kita. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B6 antara lain adalah telur, ikan, daging, sereal, dan buah-buahan.

Sumber : bethsaida hospital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar