Rabu, 20 November 2013

Sumber Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B9

Sumber Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B9


Vitamin B9 atau yang biasa dikenal dengan nama Asam Folat adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kebutuhan asam folat ini memang sangat penting karena asam folat berfungsi untuk regenerasi sel dan sangat berperan dalam membangun sel pada otak manusia. Pada umumnya, manusia hanya membutuhkan vitamin B9 dengan konsentrasi yang sedikit namun manusia terkadang lupa dengan kebutuhan vitamin yang satu ini sehingga banyak yang kekurangan vitamin B9 ini. Vitamin B9 juga berperan dalam pembentukan otak janin sehingga mengurangi resiko bayi lahir cacat pada ibu hamil. Untuk melengkapi kebutuhan vitamin B9 harian, anda bisa memilih beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B9 seperti berikut ini.


Makanan yang Mengandung Vitamin B9

Biji Bunga matahari:
Biji bunga matahari ternyata banyak mengandung vitamin B9. Dalam secangkit bunga matahari terdapat sekitar 83 mg asam folat. Jumlah ini relative tinggi untuk ukuran kebutuhan vitamin B9 harian.

Kacang-kacangan:
Kacang-kacangan banyak mengandung asam folat terutama pada kacang koro. Kacang koro ini mengandung hingga 358 mg asam folat dalam tiap cangkirnya. Selain kacang koro, ternyata kacang hijau juga banyak mengandung vitamin B9. Kacang hijau ini banyak ditemukan di Indonesia sehingga banyak orang Indonesia yang banyak memilih kacang hijau sebagai pelengkap kebutuhan asam folat harian.


Daging:
Daging juga merupakan sumber asam folat. Terutama pada daging sapi dan hati sapi. Namun ternyata selain daging juga ada yang banyak mengandung asam folat yaitu kuning telur. Pada kuning telur terkandung berbagai vitamin dan terutama adalah asam folat. Memang konsentrasi asam folat pada kuning telur tidak sebanyak pada daging. Namun jika kita memakan kuning telur, kebutuhan asam folat harian bisa terpenuhi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar