Senin, 28 Oktober 2013

Saraf Tangan

Saraf Tangan 
Tangan menjadi anggota tubuh yang berperan penting membantu kerja fisik setiap manusia, mulai dari menahan, memegang, hingga memanipulasi. Pada bagian tangan terdapat banyak sekali saraf. Ini terbukti dengan adanya separuh area otak dipergunakan mengatur saraf tangan.
Tak mengherankan jika fungsi bagian tangan ini sangat vital dalam menunjang kehidupan. Keluhan yang muncul di areal tangan mulai dari pegal-pegal sampai terkilir sebaiknya segera diberi penanganan serius jika tidak ingin belanjut menjadi sesuatu yang fatal.

Jalur Tangan
http://solusipenyakitsaraf.blogspot.com/Dalam tubuh terdapat jalur-jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita. Enam (6) jalur diantaranya melalui tangan kita. 

  • Jalur paru-paru : Dimulai dari titik Sau Yang yang terdapat di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur paru- paru ini berhubungan erat dengan paru-paru atau bronchi yang mengatur pernapasan.Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronchus dsb. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapsan sebelah kanan mengalami gangguan. Demikian juga ibu jari kiri bersangkutan dengan pernapasan sebelah kiri.
  • Jalur Usus Besar : Dimulai dari titik Sang Yang , terletak dibawah kuku jari telunjuk. Titik ini bila dipijat mersa sakit, berarti sistim pencernaan kurang baik.
  • Jalur Pembungkus Jantung : Dimulai dari titik Chong Zhong, terletak di bawah kuku jari tengah. Ia mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah , juga berhubungan dengan usus kecil. Bila diare karena gelisah, titik ini bisa sakit bila dipijat.
  • Jalur San Chiau : Dimulai dari titik Kwan Zhong, terletak dibawah kuku jari manis. Ia mengatur sistim limfe dan sisitim hormone. Apabila suhu badan menjadi panas atau dingin, titik ini bisa sakit bila dipijat.
  • Jalur Jantung : Dimulai dari titik Sau Zhong, terletak di bawah kuku jari kelingking sebelah dalam. Ia mengatur fungsi jantung dan peredaran darah . Bila ada ketidak lancaran organ dalam dikarenakan pikiran tegang. Pijatlah titik ini.
  • Jalur Usus Kecil : Dimulai dari titik Sau Zhe, terletak dibawah kuku jari kelingking sebelah luar. Ia mengatur kegiatan usus kecil. Bila terjadi sembelit, titik ini bisa sakit bila dipijat.

Gejala-gejala Gangguan Pada Fungsi Saraf : 

Kerap kesemutan, kram hingga mati rasa di sekitar tangan, gejala seperti itu jangan dianggap sepele. Hal ini menjadi salah satu indikasi adanya gangguan urat saraf tepi (penyakit saraf) atau neuropati.

Neuropati atau gangguan saraf tepi (penyakit sarafmerupakan suatu kon­disi yang mempengaruhi sistem saraf. Serat-serat saraf bisa jadi rusak. Konsultan Neurologis dari Departemen Neurologi FKUI/RSCM, dr Manfaluthy Hakim mengemukakan, gang­guan urat saraf biasanya di­sebabkan akibat menurunnya fungsi saraf.

Bahkan, satu dari empat orang atau sekitar 26 persen orang yang berusia 40 tahun ke atas rentan mengalami neuropati. Orang yang terkena neuropati juga bisa disebabkan penyakit sistemik atau metabolik seperti diabetes, liver dan ginjal.

Sakit, pegal-pegal, dan kaku tangan serta jari menjadi gejala yang sering kali dialami banyak orang namun juga sering disepelekan. Supaya tak salah memberi penanganan terhadap gejala rasa sakit pada tangan, tak ada salahnya mengenal beberapa jenis gangguan yang menimpa tangan, berikut ini:

1.   Repetitive Strain Injury (RSI)
Repetitive strain injury adalah cedera sistem saraf (penyakit sarafdan muskulosketal yang diakibatkan melakukan pekerjaan berulang yang membutuhkan tenaga cukup kuat, menekan permukaan keras (kompresi mekanik), serta getaran. Rasa nyeri dari gejala RSI ini menjalar pada bagian tangan.
Saat menderita RSI, sebaiknya tidak melakukan urut atau pemijatan. Hal ini dikarenakan kegiatan memijat atau mengurut justru mengakibatkan penyebaran wilayah cedera. Penanganan yang tepat adalah dengan segera memerikasakan diri ke dokter ortopedi. Untuk metode pengobatan sendiri dapat dipilih antara tindakan operatif atau tindakan konservatif, misalnya pemberian terapi.

2. Trigger Finger
Trigger finger adalah gangguan saraf (penyakit sarafyang juga dikenal dengan istilah ‘saraf kejepit’. Pada penyakit trigger finger terdapat kondisi terkuncinya tendon fleksor sehingga menimbulkan rasa nyeri. Biasanya penyakit ini disebabkan kesalahan posisi pada saat melakukan suatu gerakan.
Sama halnya seperti RSI, sebaiknya pada saat mengalami trigger finger juga tidak melakukan pemijatan untuk mengurangi rasa nyeri karena akibatnya dapat semakin membahayakan. Untuk mengangani trigger finger biasanya pihak rumah sakit ortopedi lebih mnganjurkan tindakan operasi yang hanya berlangsung selama 10 menit dengan hasil optimal dibandingkan dengan fisioterapi yang belum tentu menyembuhkan dengan optimal.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Carpal tunnel syndrome dikenal juga dengan istilah ‘sindrom terowongan kapal’ merupakan jenis cedera yang diderita pada saat terlalu sering menjalankan aktivitas jari seperti berolahraga atau mengetik pada keyboard. Hal yang membedakan carpal tunnel syndrome dari cedera jenis lainnya adalah cedera carpal tunnel syndrome hanya menyerang jari tengah, jari telunjuk, serta setengah dari jari manis.
Sejatinya, carpal tunnel adalah saraf tengah yang dapat bergerak dan merasakan bagian dari jari tengah, jari manis, jari telunjuk, serta area telapak tangan.

4. Patah Tulang
Patah tulang sering kali diakibatkan oleh kecelakaan. Patah tulang ditandai dengan rasa nyeri yang menjalar pada bagian yang mengalami patah tulang. Diperlukan pemeriksaan sinar X untuk mengetahui keretakan tulang atau pergeseran tulang.

1 komentar:

  1. Salam sejahtera..saya pengeluar herba warisan yang telah dirumus khas bagi tujuan penyembuhan penyakit yg mampu memusnahkan pelbagai jenis kanser seperti ; ✅Kanser Usus ✅Kanser Payudara ✅Kanser Lymphoma dan lain-lain lagi. Turut mampu mengubati penyakit lain seperti ; ✅Batu Karang ✅Batu Hempedu ✅Saraf
    Parkinson ✅Gout ✅Resdung ✅Demam Campak ✅Denggi dan lain-lain lagi
    Proses penyembuhan juga perawatan secara semulajadi ini tanpa menyakitkan atau merosakkan buah pinggang.
    ✔Keberkesan JUS INFINITI sudah terbukti dan saya menjaminkan kelebihan produk ini akan membuatkan pengguna terkejut dengan rawatannya yang cepat dan selamat untuk sembuh.Sama-sama kita merawat dan seterusnya mencegah apa saja penyakit yang dihadapi dari terus merebak ke tahap yang lebih kritikal. Insyaallah ,JUS INFINITI turut membantu melambatkan penyakit terus merebak dengan cepat lantas mampu merawat sehingga sembuh, mudah-mudahan.
    ✔Hutan belantara kita tersembunyi 1 juta rahsia.Hanya ramuan herba terpilih sahaja yang terkandung di dalam JUS INFINITI ini, ✔JUS INFINITI amat mujarab jika diamalkan dengan betul dan konsisten. Jangan dibiarkan penyakit yang ditanggung dalam diri kita tanpa berusaha merawatnya. ✔Ramai yang sudah berjaya sembuh dengan produk JUS INFINITI ini .Ia terbukti dengan testimoni pelbagai jenis penyakit yang sudah sembuh dengan penggunaan yang betul dan konsisten. ✔JUS INFINITI ini juga boleh dijadikan makanan tambahan yang selamat diambil oleh sesiapa yang ingin menjaga kesihatan dan pencegahan awal pelbagai jenis penyakit.
    ✔Insyaallah sama-sama kita berikhtiar. ✔Untuk sebarang pertanyaan yang lebih lanjut serta jika ingin meminta pandangan, perkongsian serta maklumat tentang JUS INFINITI ,sila hubungi sy :
    ✅Encik Mohd Zuhairi 0174687570 (Whats App ,Call,SmS ) ✅HARGA 1BOTOL: RM180 ✅NAMA SYARIKAT: JUTAWAN HERBS ✅NO. PENDAFTARAN SYARIKAT: PG 0346818-W ✅NAMA PEMILIK : MOHD ZUHAIRI BIN NOORDIN 0174687570 (WHASTAPP,SMS&CALL)

    BalasHapus