Senin, 28 Oktober 2013

Penyakit Amnesia

Penyakit Amnesia 

http://solusipenyakitsaraf.blogspot.com/Amnesia (dari Bahasa Yunani μνησία) adalah kondisi terganggunya daya ingat. kondisi dimana orang mengalami gangguan ingatan, penyebab amnesia bisa karena kerusakan otak, karena trauma atau penyakit, diet berlebihan, haid bulanan, kehamilan, proses melahirkan, dan penggunaan obat-obatan yang bersifat sedatif. Ciri ciri amnesia menyerang seseorang bergantung dari penyebab penyakit ini. Dampak yang lain dari penyakit amnesia adalah ketidakmampuan seseorang untuk membayangkan masa depan. Amnesia juga merupakan akibat gangguan system saraf (penyakit saraf) pada otak.



Penyebab amnesia :
Amnesia Disebabkan Gangguan Organik :
Penyebab dari gangguan organik dapat dilihat dari kerusakan otak, yang biasanya disebabkan karena trauma ataupun penyakit, bisa juga karena mengonsumsi obat-obatan yang mempunyai sifat sedatif, bahkan yang lebih parah lagi dapat disebabkan operasi transplantasi pada sum-sum tulang belakang. 

Amnesia Disebabkan Gangguan Fungsional :

Orang yang terkena amnesia memiliki ciri-ciri berdasarkan penyebab terjadinya amnesia, seperti:

  • Ingatan atau kenangan yang salah, baik ingatan yang baru saja ditemukan atau dari memori asli yang salah urutan waktu.
  • Gangguan neurologis seperti gerakan yang tidak terkoordinasi, tremor atau kejang.
  • Kebingungan atau gangguan orientasi.
  • Selain itu, amnesia berdampak juga pada ketidakmampuan untuk membayangkan sesuatu di masa depan sehingga menyebabkan pasien akan selalu mempunyai bayangan pada peristiwa yang sudah terjadi dan terlupakan kembali jika bertemu dengan sesuatu yang telah terlupakan itu.
Sedangkan untuk penyebab fungsional diakibatkan oleh faktor psikologis, sama halnya dengan mekanisme pertahanan ego. Terjadinya amnesia bisa secara spontan, contohnya seperti yang terjadi dalam transient global amnesia. Pada umumnya, jenis amnesia global ini terjadi ketika dalam pertengahan Usia hingga Usia Tua, lebih khususnya pada pria, dan untuk lama berlangsungnya biasanya tidak lebih dari 24 jam.
Dari penelitian yang telah diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, menjelaskan bahwa amnesia yang mengalami kerusakan pada hipokampus tidak mempunyai kemampuan untuk membayangkan masa depan. 

Ciri Ciri Amnesia :

Badan lemas dan muka pucat

Cara Pencegahan :
  1. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  2. Gunakan helm saat bersepeda atau bersepeda motor dan pakai selalu sabuk pengaman saat mengendarai mobil.
  3. Segera berobat jika mengalami infeksi sehingga tidak sempat menyebar ke otak.
  4. Segera lakukan langkah medis jika Anda mengalami gejala yang mengarah pada terjadinya stroke atau brain aneurysm (pembengkakan pembuluh darah otak), seperti sakit kepala parah serta mati rasa sebelah atau kelumpuhan.

Penyebab Umum Penyakit Amnesia : 
  1. Salah kenangan (confabulation)
  2. Masalah neurologis, seperti tremor dan kejang
  3. Penuaan
  4. Alkoholisme
  5. Kerusakan otak, baik karena penyakit atau luka akibat benturan
  6. Pertumbuhan otak (yang disebabkan oleh tumor atau infeksi)
  7. Infeksi otak, seper ti Lymedisease atau sifilis
  8. Depresi atau trauma emosional, trauma otak, histeria dan stroke
  9. Obat-obatan, seper ti benzodiazepines dan obat-obatan anestetis
  10. Terapi elektrokonfulsif (khususnya dilakukan dalam jangka panjang)
  11. Obat-obatan anestetis
  12. Problem nutrisi (kekurangan vitamin B12)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar