Senin, 28 Oktober 2013

Penyakit Stroke


Penyakit stroke adalah salah satu akibat gangguan system saraf (penyakit saraf) pada otak, karena adanya gangguan system saraf pada otak akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan/tersumbat. Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dbutuhkan otak tidak terpenuhi dengan baik. 
http://solusipenyakitsaraf.blogspot.com/
Penyebab stroke ada 2 macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah (trombus), dan adanya pembuluh darah yang pecah. Umumnya stroke diderita oleh orang tua, karena proses penuaan menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit (arteriosclerosis) dan adanya lemak yang menyumbat pembuluh darah (atherosclerosis). Tapi beberapa kasus terakhir menunjukkan peningkatan kasus stroke yang terjadi pada usia remaja dan usia produktif (15 - 40 tahun). Pada golongan ini, penyebab utama stroke adalah stress, penyalahgunaan narkoba, alkohol, faktor keturunan, dan gaya hidup yang tidak sehat.


Penyebab Penyakit Stroke :

Penyebab penyakit stroke itu memang bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Namun yang saat ini lebih banyak diderita yaitu dari faktor medis dan faktor resiko prilaku. Berikut secara rincinya.

Penyebab penyakit stroke akibat faktor medis diantaranya karena adanya gangguan dari penyakit lain seperti : 
  1. penyakit Hipertensi,
  2. Kolesterol,
  3. Gangguan jantung,
  4. diabetes,
  5. Keturunan,
  6. Migrain

Penyebab penyakit stroke juga akibat faktor resiko prilaku diantaranya karena kebiasaan hidup yang kurang sehat seperti :
  1. Merokok,
  2. Makanan tidak sehat,
  3. Alkohol,
  4. Kurang olahraga,
  5. Mendengkur,
  6. Kontrasepsi oral,
  7. Narkoba, 
  8. Obesitas, dll

Gejala Penyakit Stroke :

  1. Adanya serangan neurologis fokal berupa kelemahan atau kelumpuhan lengan, tungkai atau salah satu sisi tubuh
  2. Menurunnya kemampuan mencium bau dan mengecap
  3. Melemahnya otot (hemiplegia), kaku dan menurunnya fungsi sensorik
  4. Berjalan menjadi sulit dan langkahnya tertatih-tatih bahkan terkadang mengalami kelumpuhan total
  5. Vertigo ( pusing ) atau perasaan berputar yang menetap saat tidak beraktifitas
  6. Gangguan kesadaran, pingsan sampai tak sadarkan diri, dll

Pencegahan Penyakit

Pencegahan penyakit stroke dapat kita cegah seminimal mungkin, jawabanya bisa selama anda konsisten dan disiplin untuk menjaga kesehatan anda.

  1. Pengaturan pola makan sehari hari sangat penting untuk mencegah atau mengobati penyakit stroke.
  2. Mengurangi makanan yang tinggi mengandung lemak atau minyak, makanan manis dan garam tinggi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung alcohol, kafein dan  rokok.
  3. Rajin rajin mengkontrol  berat tubuh anda  dan memriksa dan mengkontrol  tekanan darah.
  4. Perbanyak makanan berserat seperti sayuran dan buah buahan. Luangkan waktu untuk berolah raga setiap harinya minimal setengan sampai satu jam setiap harinya.
Dibawah ini beberapa  cara mencegah serangan penyakit stroke agar kita terhindar dari serangan penyakit stroke :

  1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok  karna rook bisa menyebabkan pengerasan bagian dinding pembuluh darah dan akan membuat darah mudah menggumpal dan lebih mudah terjadi penyumbatan darah.
  2. Periksakan tekanan darah secara rutin pada saat tekanan darah anda tidak normal anda dapat melakukan pencegahan atau berobat dan konsultasi kedokter.
  3. Hindari stres dan depresi
  4. Konsumsi makanlah yang sehat , usahakan hindari konsumsi daging merah terlalu banyak terutama daging kambing , lemak jenuh pada daging merah akan membuat pembuluh darah mengeras.
  5. perbanyak sayuran dan buah buahan untuk membantu mengendalikan lemak darah.
  6. Hindari makanan yang mengandung asin atau garam yang tinggi ini dapat meningkatkan  tekanan darah menjadi tinggi.
  7. Jagalah berat badan seimbang dan ideal sesuai dengan postur anda, berat baadan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes dan ini semua bisa memicu serangan penyakit stroke.
  8. Lakukan Olah raga secara teratur minimal sehari 30 – 60 menit. Olah raga meraupakan Cara Mencegah Serangan Penyakit Stroke paling murah dan gratis, dengan olah raga secara teratur dapat membantu menurunkan ttekanan darah serta menjaga keseimbangan lemak darah.
  9. Hindari makanan dan minuman alkohol. Kadar alkohol bisa menaikkan tekanan darah. Ini penting hindari alcohol.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar